Senin, 08 Juli 2013

Manusia dan Lingkungan

Manusia dan Lingkungan

A.Pengertian Manusia dan Lingkungan
Dimulai dari manusia,manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang segala fungsinya adalah tunduk pada aturan Tuhan dan dan perkembangannya mengikuti hokum alam,mengalami pertumbuhan,kelahiran dan perkembangan,manusia manapun pasti berinteraksi dengan alam dan terkait dengan alam lingkungannya dan menimbulkan efek timbal balik buruk maupun baik.
Lingkungan itu sendiri adalah media makhluk hidup untuk tinggal,mencari penghidupan,dan tempat dimana makhluk bisa memiliki karakter dan bisa memunculkan timbal balik dari makhluk hidup tersebut,terutama manusia yang memiliki peran riil dan kompleks.


B.Pengaruh Manusia Pada Lingkungan Hidupnya
Ilmu yang mempelajari tentang hokum timbal balik dari manusia dan lingkungan adalah ekologi,kita bisa mengambil sudut pandang dari ilmu tersebut.
Manusia hidup,tinggal,tumbuh di lingkungannya dan sosial budayanya maka tidak ubah’a lingkungan bisa mempengaruhi karakter seorang manusia.
Jika dilihat dari jaman dahulu manusia telah mencoba inovasi-inovasi agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya,dimulai dari jama primitif dulu manusia telah membuat inovasi dan lebih dari itu sekarangpun lingkungan telah diubahnya menjadi sebuah kota beda dengan hutan rimba yang hanya dihuni segelintir manusia.
Perubahan lingkungan hidup manusia akan berpengaruh positif maupun negative.Berpengaruh bagi manusia karena manusia mendapat keuntungan dari perubahan tersebut,dan berpengaruh tidak baik pada lingkungan yang mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong kehidupan.

C.Sumber Alam
Sumber alam bisa dibagi menjadi 2 yaitu ;
·         SDA yang dapat diperbaharui (Renewable Resources)
·         SDA yang tidak dapat diperbaharui (Nonrenewable Resources)
Dan SDA pun sangat berpengaruh terhadap manusia itu sendiri begitu juga sebaliknya.

D.Masalah-masalah yang sering muncul
1.       Banjir
Masalah yag satu ini sering sekali terjadi,apalagi didaerah padat penduduk dan bangunan besar dimana-mana salahsatunya ibu kota kita.
Banjir disebabkan oleh tidak adanya keseimbangan penyerapan air didalam tanah karena sedikit sekali tumbuhan yang tumbuh didaerah tersebut

2.       Pencemaran Lingkungan
Pencemaran ini termasuk pencemaran diudara,tanah dan air,biasanya masalah ini disebabkan oleh sampah-sampah manusia kimia maupun nonkimia yang dibakar dibuang secara sembarangan dan tidak pada tempatnya.

3.       Kehutanan
Hutan diindonesia diibaratkan paru-paru Negara karena dapat menggantikan CO2 menjadi O2 dengan bantuan matahari,dan juga hutan banyak menghasilkan buah-buahan rempah-rempah yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.
Dan dewasa sekarang banyak hutan yang gundul karena ditebang secara tidak teratur dan illegal,dan sepantasnya manusia ini wajib dikenakan hukum Negara yang berlaku

Berikut beberapa usaha pemerintah untuk meningkatkan produktifitas hutan :
§  Mencabut izin usaha HPH yang melanggar peraturan
§  Melarang penebangan kayu tanpa izin dari pemerintah (Departemen Kehutanan)
§  Menebang hutan secara selektif
§  Melakukan peremajaan tanaman
§  Melakukan rehabilitasi dan reboisasi areal hutan yang rusak
§  Melakukan penanaman di lahan kritis






0 komentar:

Posting Komentar