Senin, 08 Juli 2013

Manusia dan Kasih Sayang

Manusia dan Kasih Sayang

Cinta merupakan rasa sangat suka atau sayang atau sangat tertarik hatinya kepada sesuatu atau seseorang yang dicintainya.Sedangkan kata kasih berarti perasaan cinta dan sayang (kepada) dan menaruh rasa belas kasian.
Terdapat perbedaan antara Cinta dan Kasih yaitu,cinta lebih mengandung pengertian perasaan yang mendalam,sedangkan kasih pengungkapan untuk mengeluarkan rasa,mengarah kepada yang dicintai.Cinta sama sekali bukan nafsu,Perbedaan antar Cinta dan Nafsu adalah :


·         Cinta bersifat manusiawi
·        .Cinta bersifat rokhaniah dan nafsu bersifat jasmaniah
·         Cinta memberikan perilaku mamberi,sedangkan nafsu cenderung menuntut

Pengertian Kasih Sayang
Erick fromm (1983:54) dalam bukunya Semi Mencintai mengemukakan ada beberapa macam macam cinta,yaitu :
1.Cinta Persaudaraan
Diwujudkan manusia dalam tingkah dan perbuatan,Cinta persaudaraan tidak mengenal batas-batas dalam unsur SARA

2.Cinta Keibuan
Kasih sayang yang bersumber dari seorang ibu kepada anaknya

3.Cinta Erotis
Kasih sayang dari cita erotis(birahi) merupakan sifat khusus yang memperdayakan cinta,jika ada yang melakukan cinta erotis maka tidak akan timbul kasih sayang.

4.Cinta Diri Sendiri
Cinta ini berasal dari diri sendiri,Cinta ini mengandung makna positif jika dalam arti bisa mengurus diri sendiri dalam kebutuhan jasmani dan rohani.

Kesimpulannya ialah Manusia dan Kasih sayang adalah 2 unsur yang tidak dapat dipisahkan,Manusia tanpa kasih sayang sama dengan benda mati yang tidak merasakan apaapa.
Kasih sayang sayang bermanfaat jika disalurkan dengan benar,dan bisa berdampak buruk jika disalurkan dengan cara yang salah.

Kasih sayang pasti ada disetiap manusia tidak mengenal tua muda,besar kecil,miskin kaya,karena kasih sayang bersifat manusiawi.

0 komentar:

Posting Komentar