Jumat, 26 Oktober 2012

Hubungan Manusia dengan Teknologi


MASYARAKAT dan TEKNOLOGI

1.Pendahuluan

Bismillah,saya memulai blog ini dengan judul Masyarakat dan Teknologi untuk tugas Sosial dasar saya.
Masyarakat dalam hal ini bisa dilihat dari "three fold society" yang terdiri atas masyarakat bisnis, masyarakat politis dan masyarakat umum. Kita tau kan masyarakat bisnis tujuannya untuk menciptakajn nilai-nilai ekonomi. Konsep awalnya, bagaimana memaksimumkan keuntungan yang kemudian bergeser menjadi bagaimana memaksimumkan asset. Masyarakat politis biasanya tercermin dalam organisasi pemerintah. Tujuannya bagaimana mendapatkan dukungan dari konstituennya. Masyarakat umum, non-bisnis non-pemerintah, biasanya bertujuan memaksimumkan nilai-nilai kemasyarakatan,


Sedangkan teknologi bisa dipahami sebagai perangkat yang melekat dalam proses transformasi yang merubah input menjadi output. Komponen teknologi kemuadian dapat dilihat atas perangkat fisik (techno-ware), kemampuan orang (human ability) yang juga sering disebut sebagai human-ware, perangkat informasi (info-ware) dan perangkat organisasi dalam melaksanakan proses transformasi tersebut (orga-ware).


Dalam kehidupan manusia teknologi sudah melekat sehingga perubahan teknologi melalui proses inovasi dan difusi menjadi hal yang sangat menentukan dalam masyarakat. Apakah suatu masyarakat mampu mempertahankan eksistensinya, bahkan mampu bersaing mengungguli masyarakat lainnya akan sangat ditentukan oleh perubahan teknologi, bukan oleh teknologi itu sendiri. Proses inovasi yang paling penting adalah bagaimana merubah invensi menjadi inovasi. Hasil-hasil litbang dan perekayasaan dapat memasuki sistem produksi, sehingga bukan hanya punya nilai ekonomi, tetapi juga memiliki nilai bisnis. Selanjutnya, inovasi saja tidak cukup, persoalan berikut adalah bagaimana menyebarluaskan inovasi sehingga secara penuh diadopsi oleh masyarakat agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Penggunaan teknologi berkembang dengan cepat, sejak PC (tahun 70-an) dalam segala bidang kehidupan (seperti, pendidikan, perdagangan, dan militer). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah kondisi dimana manusia menjadi bergantung pada teknologi, terbentuk.
Dengan demikian, perkembangan teknologi tersebut kemudian mempengaruhi rancangan sistem yang harus dapat membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Sebelum sistem dirancang, maka terdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan interaksi dan perancangan itu sendiri mengenai pengaruhnya terhadap nilai-nilai manusia (user) sebagai makhluk individu dan sosial.
Dalam bahasan kali ini akan dibahas tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang interaksi (antarmuka) terhadap sistem. Interaksi manusia-komputer memiliki fokus perhatian yang lebih luas. Selain berfokus pada rancangan antarmuka, juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer.


2. Interaksi Manusia-Komputer (IMK) pada Perkembangan Teknologi Komputer

Pertumbuhan teknologi komputer tidak boleh memiliki pengaruh negatif terhadap nilai dasar manusia (Universitas Nottingham).Kita sebagai User dari Teknologi tidak boleh kehilangan jati diri kita sebagai manusia walaupun teknologi masa kini sudah menjadi trend di dunia.
 IMK harus dipastikan bahwa kita (manusia) yang tetap memegang kunci dalam membuat keputusan. Maka dari itu, “Being Human” menjadi usulan bagi IMK di tahun 2020. Hal ini dilaporkan secara detil di konferensi pada Maret 2007, tentang penemuan Microsoft, yang dihadiri oleh ahli-ahli IMK dari seluruh dunia. Pada 2020, kita masih dapat membaca koran ataupun majalah, tetapi konten dari koran atau majalah tersebut akan didistribusikan secara digital dan ditampilkan melalui layar yang dapat dilipat dan dapat ditaruh di saku Anda; atau bahkan pakaian kita dapat menunjukkan diagnosa kesehatan kita.

Namun, penting sekali dimana kita harus mengkombinasikan inovasi dengan pemahaman tentang pengaruhnya terhadap manusia. Tanpa pengawasan dan penilaian yang benar, maka akan terjadi kemungkinan bahwa manusia-individual ataupun kolektif-tidak dikontrol oleh diri kita sendiri ataupun orang di sekitar kita.

Hal ini dapat menyebabkan komputer bertabrakan dengan nilai dasar manusia dan konsep manusia seperti wilayah pribadi, masyarakat, identitas, kebebasan, persepsi, kecerdasan, dan privasi. Abigail Sellen, peneliti senior di Microsoft Corp mengatakan bahwa komputer telah membentuk banyak aspek di dunia modern dimana kita ingin menelusuri kemunculan teknologi saat ini yang mungkin membentuk kehidupan kita di 2020.




Kesimpulan Saya :
Kemajuan teknologi membuat ketergantungan manusia pada teknologi tersebut memudahkan User (manusia) untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga nilai-nilai dasar manusia agar dipertahankan, sehingga bukan sistem yang mengatur user, tetapi user yang mengatur sistem.

0 komentar:

Posting Komentar