Sabtu, 01 Desember 2012

Masyarakat dan Kemiskinan


MASYARAKAT dan KEMISKINAN

Kemiskinan adalah permasalahan yang kompleks bagi setiap negara, terutama negara besar seperti Indonesia. Kebijakan dan penanganannya harus merata dan menyeluruh agar tidak menimbulkan kebingungan dan kekisruhan sebagai ekses negatif penanggulangannya.


"Rakyat miskin bingung karena selama ini begitu banyak petunjuk, namun pelaksanaan program-program tersebut tidak berkelanjutan," ujar Wahnarno, asisten deputi VII Urusan Pengarus-utamaan Kebijakan dan Anggaran, Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam Lokakarya "Rural Volunteers' Movement: Upaya Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanggulangan Kemiskinan di ASEAN", Kamis (6/12).

Dewasa ini kita sering sekali melihat pengemis dan tunawisma yang berkeliaran di beberapa daerah di kota-kota besar.Mereka seperti itu pasti ada alasannya,bukan karena mereka memilih seperti itu yang hanya luntang lantung di jalanan,beberapa faktor yang saya simpulkan yang bisa membuat kemiskinan di Indonesia merajalela ;
1.Produktivitas tenaga kerja yang rendah
2.etos kerja dan motivasi pekerja yang rendah
3.penggunaan teknologi yang kurang
4.kesempatan kerja yang kurang
5.politik yang belum stabil
6.kualitas sumber daya yang masih rendah
7.tingkat upah yang rendah
8.tradisi atai budaya

Salah satu solusi penanggulangan kemiskinan yang efektif, menurut Wahnarno, adalah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri). Program ini merupakan konsolidasi harmonis semua program penanggulangan kemiskinan, sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif. Secara struktural, PNPM Mandiri berada di bawah Menko Kesra dengan berbagai tim koordinasi pada berbagai level pemerintahan.

"PNPM Mandiri ini merupakan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja yang difokuskan untuk kepentingan rakyat kecil. Ini berarti rural oriented, bukan urban oriented, jadi mengatasi kemiskinan dari si miskin," tutur Wahnarno.


Data BPS menyebutkan jumlah penduduk miskin di Indonesia pada 2007 sebesar 37,12 juta jiwa atau 16,58% (Maret 2007). Angka ini lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu, yaitu 39,30 juta jiwa atau 17,75% dari total penduduk. Data yang diperoleh dari sensus nasional ini cukup memuaskan, walaupun keakuratan data tersebut tetap dapat diperdebatkan.

Selain itu ada beberapa solusi kemiskinan di Indonesia yang saya simpulkan,yaitu ;
1.Memperbaiki masalah di sector Kesehatan
2.Memperbaiki masalah di sector Pendidikan
3.Memberikan perhatian lebih ke desa-desa terpencil
4.Memberikan listrik atau penerangan pada desa terpencil
5.Memberikan sarana dan prasarana pendidikan
6.Peningkatan kualitas tenaga kerja
7.Membangun Lembaga-lembaga yang membiayai kemiskinan
8.Memberikan banyak dana pada rakyat miskin
9.Dan merancang perlindungan social untuk rakyat miskin

Sumber : inilah.com, http://mutosagala.wordpress.com/2012/05/08/kemiskinan-di-indonesia-dan-solusi-penanggulangannya/


0 komentar:

Posting Komentar